B E R U B A H

Hari ini Senin, 2 Mei 2022 merupakan hari bersejarah bagi dunia Pendidikan di Indonesia yaitu Hari Pendidikan Nasional yang juga bertepatan dengan Hari Idul Fitri 1 Syawal 1443 H untuk sahabat Muslim.

Tema peringatan hari Pendidikan tahun 2022 adalah ” Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar” , kemudian penulis ingat sebuah tulisan yang sempat penulis publish di blog pribadi sesuai dengan judul artikel ini yaitu : BERUBAH.

Baca juga : Intervensi pendidikan vokasi melalui teaching factory, PLN Peduli lanjutkan kolaborasi bersama SMKN 3 Mataram

Banyak yang mengatakan bahwa tidak ada yang kekal di dunia ini, yang kekal adalah perubahan. Perubahan seperti apa yang Anda maksuk dan setiap saat kita berubah dari waktu ke waktu. Tentunya yang Anda harapkan adalah perubahan kearah lebih baik diberbagai sisi kehidupan.

Dalam satu workshop yang penulis ikuti diakhir sesi pemateri (coach) memberi satu statement yang mengetuk hati penulis yaitu kata “BERUBAH”. Tentunya berubah ke arah yang positif, ke arah kemajuan dari saat ini, ke arah lebih baik dari semua sisi kehidupan kita.

Kenapa “berubah” ?

Ada banyak manfaat yang didapat dari perubahan yang kita lakukan dan yang pertama menerima manfaatnya (akibatnya) adalah “diri kita sendiri”

Sebagai contoh sederhana, Anda yang selama ini (misalnya) dalam keseharian suka menunda kemudian memutuskan untuk berubah dan menyelesaikan pekerjaan lebih awal pekerjaan, akibatnya Anda bisa lebih santai dan merencanakan kegiatan lainnya dan tidak lagi memikirkan pekerjaan yang belum Anda selesaikan.

Baca juga : Apakah Anda Hidup di Masa Lalu ?

Contoh lain, misalnya Anda yang selama ini cepat emosi, kemudian memutuskan untuk lebih sabar akibatnya Anda dalam kesehariannya menjadi lebih damai.

Perlu diingat bahwa banyak orang menunggu perubahan Anda !

Siapakah orang-orang itu?

Yang utama adalah pasangan Anda, anak-anak Anda, kemudian atasan Anda, tim Anda, partner kerja Anda, pelanggan Anda, sahabat-sahabat Anda dan lain sebagainya termasuk diri Anda sendiri. Coba Anda renungkan, orang-orang ini adalah yang selalu Anda jumpai setiap saat dan Mereka tergantung dengan perubahan yang Anda lakukan dari berbagai segi kehidupan. Untuk itu mulai sekarang penting sekali Anda memutuskan untuk  BERUBAH

 

Karena banyak orang yang menunggu perubahan Anda

Ada banyak orang yang tergantung pada perubahan yang Anda lakukan

Mungkin orang-orang itu saat sudah ada disekitar Anda

Mungkin juga orang-orang itu belum ketemu dengan Anda

Tapi kalau Anda tidak berubah maka orang-orang ini juga tidak akan berubah

Karena hidup Kita ini saling bergantungan satu sama lain

Jadi jangan egois karena ada orang-orang yang hidupnya akan berubah setelah Anda berubah.

Oleh karena itu segera putuskan untuk berubah

 

Bagaimana keputusan Anda sekarang?

Apakah orang-orang yang menunggu perubahan Anda akan Anda biarkan menunggu tanpa kepastian ?

Apakah orang-orang yang tergantung dengan perubahan Anda akan Anda biarkan saja, seperti pasangan Anda, anak-anak Anda, atasan Anda, tim Anda dan lain sebagainya? Mereka menunggu perubahan Anda, karena kalau Anda tidak berubah maka orang-orang ini juga tidak akan berubah.

Kenapa?

 

Baca juga : Menjadi Bijaksana di Era Digital

 

Karena hidup kita saling bergantungan salu sama lain.

Sekali lagi, bahwa orang-orang disekitar Anda , orang-orang dekat Anda, orang-orang yang Anda cintai, orang-orang yang Anda sayangi menunggu perubahan Anda.

Mari putuskan untuk berubah dan rencanakan perubahan seperti apa yang akan Anda lakukan.

Mulai sekarang . Semoga artikel ini bermanfaat

Salam sukses, sehat dan bahagia

“Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 MEI 2022 “

————————————————–

Penulis : I Nengah Yasdwipura

Guru Multimedia (tim media center SMEKTI)