Ujian Sekolah Telah Usai

By: yasdwipura | Posted on: 2024-03-23 21:40:27

SMEKTI KOMPAK – Tiga tahun menempuh pendidikan di SMKN 3 Mataram , kini kelas XII tahun pelajaran 2023/2024 menjalani Ujian Sekolah berbasis Komputer (USBK) selama 6 hari dari tanggal 18 – 23 Maret 2024. Kegiatan rutin yang setiap tahun yang dilaksanakan sekolah berjalan dengan tertib dari pukul 08.00 – 16.30 wita yang dibagi dalam 4 sesi. Peserta didik mengerjakan soal dengan durasi 90 menit di setiap pelajaran.

SMKN 3 Mataram menerapkan asesmen berbasis TIK sejak Ujian Nasional diberlakukan beberapa tahun silam, hingga kini tetap dilaksanakan. Dengan menggunakan 7 laboratorium komputer yang disetiap laboratorium memiliki 2 petugas di setiap sesinya yaitu satu orang proktor sebagai tenaga teknis yang menangani komputer dan memastikan aplikasi ujian berjalan dengan baik ditambah dengan satu pengawas yang memandu jalannya ujian. Aplikasi yang digunakan berbasis website yang diinstal pada server yang kemudian diakses dari komputer klien masing-masing laboratorium.

Dari pemantauan sampai hari ke-6 kegiatan berjalan dengan lancar, dan satu-satunya yang menjadi kendala adalah jika terjadi pemadaman listrik. Jika terjadi kendala tersebut , panitia sudah mengantisipasi dengan menyediakan waktu khusus usai kegiatan Ujian Sekolah sehingga semua peserta didik dapat mengikuti semua kegiatan.

Penguatan terakhir

Usai Ujian Sekolah hari terakhir Sabtu, 23 Maret 2024 seluruh peserta didik di setiap sesinya berkumpul di Aula Sanggraha Wiguna SMKN 3 Mataram untuk mendapatkan penguatan dari bapak Ibu guru dan Kepala Sekolah. 


Sulman Haris, S.Pd, M.Pd.I selaku Kepala SMKN 3 Mataram menyampaikan bahwa lulus dari SMKN 3 Mataram merupakan awal dari perjalanan yang menentukan kehidupan selanjutnya. Untuk itu lakukan yang terbaik untuk masa depan. Sekolah selalu memberi support baik untuk siswa maupun alumninya. Saat ini SMKN 3 Mataram bekerja sama dengan beberapa perusahaan baik di NTB maupun di luar NTB yang siap menerima lulusan SMKN 3 Mataram untuk berkarir. Oleh karena itu, sering-sering mengkases website dan media sosial SMKN 3 Mataram untuk memperoleh informasi terkini. Sementara itu, bagi yang ingin kuliah, SMKN 3 Mataram juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi swasta ternama termasuk yang di luar NTB yang siap menerima lulusan dari SMKN 3 Mataram untuk kuliah, sementara itu untuk perguruan tinggi negeri sudah memiliki aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. (yas)

#smektikompak #smektijuara #smkbisahebat #ntbmajumelaju


Choose Colour