Napak Tilas Perjuangan Menuju Bengkel Konversi

By: yasdwipura | Posted on: 2024-03-22 13:42:09

SMEKTI KOMPAK - SMKN 3 Mataram merupakan sekolah terbesar dan sekolah teknologi paling senior di Nusat Tenggara Barat yang pada Desember 2023 genap berusia 53 tahun. Dengan berbagai dinamika sejak berdiri sebagai STM Negeri Mataram yang merupakan sekolah afiliasi STM Negeri Denpasar terus berbenah menuju ke arah lebih baik. Perkembangan ilmu dan teknologi yang terus berkembang seiring dengan penemuan demi penemuan hingga kini membuat pemerintah mengapresiasi perkembangan dunia disegala aspek kehidupan yang tentunya mengarah ke yang lebih baik. Dunia Pendidikan menjadi salah satu prioritas yang terus dipacu mengikuti perubahan yang terjadi.

Kementerian ESDM yang kini fokus mengembangkan energi terbarukan meluncurkan program untuk mengurangi emisi gas buang yang begitu besar andilnya meningkatkan polusi dengan program konversi kendaraan BBM menjadi kendaraan listrik yang terus dikampanyekan termasuk memberikan subsidi bagi masyarakat yang melakukan konversi kendaraannya.

PT PLN melalui PLN UIP Nusa Tenggara sebagai penyedia energi listrik menyambut program yang diluncurkan Kementerian ESDM dengan dengan dana CSR-nya ikut ambil bagian dalam program konversi seperti yang dilakukan bulan Desember 2023 lalu melakukan konversi 32 kendaraan BBM menjadi kendaraan listrik. 

PLN UIP Nusa Tenggara kini mengeluarkan dana CSR-nya untuk membangun bengkel konversi pertama di Nusa Tenggara Barat yang bertempat di SMK Negeri 3 Mataram yang terletak dibagian selatan sekolah menghadap ke Jalan Pemuda Mataram. Koordinasi antara Kementerian ESDM, PLN UIP Nusra dan SMKN 3 Mataram terus intensif dilakukan , Bengkel Konversi kini berdiri yang merupakan bagian dari dari aktifitas SMKN 3 Mataram yang perijinannya sedang diproses di Kementerian ESDM.

Kepala SMKN 3 Mataram Sulman Haris, S.Ag, M.Pd.I melalui saluran WA menyampaikan bahwa Dirjen Perhubungan Darat akan melakukan verifikasi secara langsung ke Bengkel Konversi termasuk peralatan yang disiapkan yang rencananya dilaksanakan tanggal 25 Maret 2024 . Usai verifikasi diharapkan akan segera diterbitkan Sertifikat Bengkel Konversi Grid B dan selanjutnya bengkel  konversi SMKN 3 Mataram siap melayani masyarakat. (yas)


Choose Colour