Meneladani Sifat Nabi Muhammad SAW, Wujudkan Generasi Z Menjadi Insan Yang Muttaqin

By: yasdwipura | Posted on: 2024-03-28 21:21:22

SMEKTI KOMPAK - DWP Zona Tengah Mataram di bulan Ramadhan ini melaksanakan kegiatan silaturahmi hari ini Kamis, 28 Maret 2024 bertempat di halaman tengah SMKN 4 Mataram.  Kegiatan diisi dengan istighosah yang diisi oleh Ust. T.G.H. Azhar dengan mengambil tema Meneladani Sifat Nabi Muhammad SAW, Wujudkan Generasi Z Menjadi Insan Yang Muttaqin. 

Generasi Z memiliki sifat dan karakteristik yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini dilabeli sebagai generasi yang minim batasan (boundary-less generation). Ryan Jenkins (2017) dalam artikelnya berjudul “Four Reasons Generation Z will be the Most Different Generation” misalnya menyatakan bahwa Gen Z memiliki harapan, preferensi, dan perspektif kerja yang berbeda serta dinilai menantang bagi organisasi. Karakter Gen Z lebih beragam, bersifat global, serta memberikan pengaruh pada budaya dan sikap masyarakat kebanyakan. Satu hal yang menonjol, Gen Z mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan mereka. Teknologi mereka gunakan sama alaminya layaknya mereka bernafas. 


Dalam ceramahnya Ust. T.G.H. Azhar menyampaikan ada 4 sifat yang hendaknya ditauladani oleh gerenasi Z maupun generasi sebelumnya dan selanjutnya yaitu : 

Sifat yang pertama sidik. Sidik artinya jujur dan berkata benar. Artinya saat ini informasi yang sangat cepat diperoleh hendaknya kita  pandai menyelidiki kebenaran informasi tersebut dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga ketika informasi tersebut dibagikan atau disampaikan ke orang lain merupakan hal yang benar.

Sifat yang kedua amanah. Amanah yang artinya dapat dipercaya. Artinya saat ini sebagai orang tua, sebagai ibu hendaknya bisa menjadi contoh bagi anak-anak yang dititipkan untuk dididik yang merupakan generasi penerus bangsa ini, sehingga anak-anak nantinya akan menjadi orang-orang yang dapat dipercaya di masyarakat yang juga akan membawa nama baik keluarga.

Sifat yang ketiga Nabi Muhammad yaitu fathonah. Fathonah artinya pandai atau cerdas. Pandai dalam hal duniawi memanglah sangat dianjurkan, karena kita hidup memerlukan harta. Kecerdasan dalam memperoleh harta hendaknya dibarengan cerdas dalam akhlak, tata krama dalam keseharian dimanapun berada, menjadi anak yang soleh.

Sifat yang keempat tabligh. Tablig artinya menyampaikan. Dalam hal ini, yang dimaksud menyampaikan adalah memberikan pemahaman kepada orang-orang mengenai kebaikan. Artinya kebaikan itu hendaknya disiarkan melalui berbagai media, apalagi saat ini di jaman digital akan semakin mudah menyampaikan kebaikan. (yas)

#smektikompak #smkbisahebat #ntbmajumelaju

Choose Colour