Pasca PKL Siswa Kelas XII Mengikuti Pembinaan Disiplin

Kegiatan PKL Siswa Kelas XII

Sabtu, 3 Desember 2022, siswa kelas XII SMKN 3 Mataram mengakhiri kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yang dimulai  18 Juli 2022 silam.

Kegiatan PKL merupakan bentuk implementasi dan sinkronisasi antara program pendidikan di sekolah dengan kerja secara langsung di dunia. Dengan kegiatan ini diharapkan proses pembelajaran dan pelatihan menjadi lengkap karena mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja yang mungkin berbeda dengan yang didapatkan di sekolah secara teori ataupun praktek. Dari kegiatan ini diharapkan peserta didik mendapatkan kompetensi untuk melengkapi kompetensi yang didapatkan di sekolah.

Baca juga : Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022

Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini SMK Negeri 3 Mataram melepas 568 Siswa dari 14 Kompetensi Keahlian untuk melaksanakan PKL di 160 Dunia Usaha Dunia Industri yang tersebar di seluruh pulau Lombok dan Sumbawa.

Senin, 5 Desember 2022 seluruh siswa kelas XII mulai masuk sekolah untuk mendapatkan pengarahan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah H. Rahmat Ruju, ST, MT bertempat di aula SMKN 3 Mataram. Pada kesempatan tersebut kepala sekolah berharap agar seluruh siswa pasca megiatan PKL agar berkonsenterasi untuk mempersiapkan diri mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian dan Ujian Sekolah yang akan dilaksanakan sekitar bulan Maret 2023

Kegiatan Pembinaan Disiplin

Selama mengikuti kegiatan PKL di perusahaan dalam waktu cukup lama tentunya siswa mengalami perubahan kebiasaan dibandingkan dengan kebiasaan yang ditanamkan di sekolah. Untuk itu SMKN 3 Mataram  melakukan kegiatan pembinaan disiplin yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat Datasemen Peralatan (DENPAL) IX/2 MATARAM dari tanggal 6 – 9 Desember 2022.

Baca juga : SMKN 3 Mataram Raih Juara II Lomba Cipta Lagu Daerah Sasak dalam FPN 2022

Pada kegiatan pembinaan disiplin ini tim DENPAL IX/2 MATARAM yang di pimpinn oleh LETDA SYAMSUL menerjunkan 6 orang personilnya.

Kegiatan ini di kemas dalam bentuk pembinaan fisik dan mental serta pengetahuan wawasan kebangsaan.

Dalam arahannya pada saat kegiatan pembinaan Fisik di Lapangan Upacara, Letnan Dua (Letda) Syamsul, selaku komandan kegiatan, menyampaikan salah satu dampak dari kegiatan pembinaan Fisik melalui Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini adalah menumbuhkan sikap disiplin yang sangat berguna bagi siswa nanti setelah mereka selesai atau tamat dari sekolah. Setelah melakukan kegiatan pembinaan fisik, para siswa juga di bekali dengan kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan yang bertempat aula SMKN 3 Mataram.

Penulis : Khairil (tim Humas)

Editor : Yasdwipura (Media Center)