Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022

Hari Pendidikan Nasinal tahun 2022 yang jatuh bersamaan dengan umat muslim mlaksanakan ritual puasa, sehingga peringatannya diundur menjadi hari Jumat, 13 Mei 2022 sesuai dengan pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Baca juga : B E R U B A H

Di SMK Negeri 3 Mataram upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dilaksanakan dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh civitas akademika yaitu seluruh siswa, bapak ibu guru dan pegawai. Dalam kegiatan ini seluruh peserta menggunakan pakaian adat nusantara. Kemeriahan terlihat dilapangan upacara, warna warni menghiasi lapangan karena seluruh warga menggunakan pakaian adat Nusantara, ada yang menggunakan adat Sasak, Sumbawa, Jawa , Bali dan lain sebagainya.

Sebagai pembina upacara pada kegiatan ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yaitu bapak Drs. Syaifuddin, MM yang membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesi. Berikut inti dari pidato Mendikbudristek :

Baca juga : Intervensi pendidikan vokasi melalui teaching factory, PLN Peduli lanjutkan kolaborasi bersama SMKN 3 Mataram

Pidato Mendikbudristek

Hari Pendidikan Nasional, Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebutkan, “di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melanjutkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau diseluruh Indonesia.

Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang ebih menyenangkan dan memerdekakan.

Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang kita gunakan tidak bertujuan “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar  guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan.”

Baca juga : Apakah Anda Hidup di Masa Lalu ?

Usai upacara, secara spontanitas siswa , guru dan pegawai melakukan kegiatan fashion show antara guru pegawai dan antara siswa. Hal ini menambah kemeriahan peringatan Hardiknas tahun 2022 ini.

Demikian Tim Media Center SMEKTI JUARA melaporkan (I Nengah Yasdwipura)