Apakah Anda Hidup di Masa Lalu ?

“Seri Parenting”

“Jangan besarkan Anakmu
dengan Cara Orangtuamu Membesarkanmu Dulu
Karena Mereka Lahir di Zaman Yang berbeda”.
~ Sayyidina Ali Bin Abi Thalib

Nasib anak setelah dewasa ditentukan oleh cara orang tua mendidik

Saya tergelitik dengan sebuah Quote yang dishare di salah satu grup yang saya ikuti dan setelah googling mendapatkan bahwa Sayyidina Ali Bin Thalib (yang menulis quote) merupakan salah satu pemimpin Islam di Arab Saudi yang lahir sekitar tahun 600 M – dan wafat tahun 661 M (sumber : id.wikipedia.org) hidup sekitar 1600 tahu yang lalu. Sebuah ajaran yang sangat tepat dan memang seharusnya seperti itu.
Pertanyaanya sekarang :
Apakah Anda mengamalkan ajaran beliau dalam mendidik anak?
Atau mungkin Anda tidak mengetahui bahwa beliau mengajarkan sebuah ilmu parenting yang luar biasa sejak 1600 tahun lalu.

Baca juga : Buku Sahabat Sejati

Jaman terus berubah, teknologi dan ilmu pengetahuan juga berubah, aktifitas manusia juga berubah tetapi hal-hal mendasar tidak berubah seperti dalam quote di atas bahwa kita harus terus mengikuti perkembangan jaman dalam bidang apapun termasuk dalam parenting.
Banyak orang tua yang yang hidup di masa lalu.
Sering kita mendengar seorang ibu atau bapak mengatakan kepada anaknya :
Kalau dulu ibu/bapak begini atau begitu dan sebagainya……
Coba Anda renungkan , masih sesuaikah cara Anda dididik oleh orang tua Anda diterapkan pada anak Anda sekarang?
Perlu diketahui, bahwa Anda di saat ini adalah hasil produk orang tua Anda (atau pengasuh Anda), hasil program orang tua Anda (pengasuh Anda), hasil program dari orang-orang sekitar Anda, hasil program guru-guru Anda dan sebagainya dan yang paling dominan mempengaruhi hidup Anda adalah orang tua atau sosok pengasuh ketika Anda masih kecil dan jadilah Anda seperti saan ini.

Baca juga : Menjadi Guru Yang Mengajar Dengan Hati

Coba jawab pertanyaan berikut :
Sekarang Anda menjadi orang seperti apa?
Bagaimana Kesehatan Anda sekarang?
Sudah layakkah kehidupan Anda sekarang ?
Sudahkah cita-cita Anda ketika kecil tercapai? Dan sebagainya?
Itu semua adalah hasil program sejak Anda lahir (bahkan sejak dalam kandungan) hingga saat ini.

Orang tua perlu belajar

Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas , pertanyaan berikutnya adalah :
Apakah Anda akan mendidik anak Anda seperti Anda dididik oleh orang tua Anda?

Kalau Anda menjawab masih mempertahankan cara orang tua mendidik Anda itu artinya Anda hidup di masa lalu yang jelas tidak sesuai dengan kondisi saat ini.
Bagaimana seharusnya ?
Anda perlu BELAJAR !
Belajar tentang cara medidik anak. Karena nasib anak Anda ketika dewasa nanti ditentukan bagaimana Anda mendidiknya, bagaimana program dalam pikirannya Anda instal ?
Hal ini yang banyak dilupakan oleh orang tua jaman sekarang. Banyak orang tua tidak mau belajar bagaimana mendidik anak, mereka mengandalkan pengetahuan bagaimana dia dididik oleh orang tuanya dulu atau kat orang lain, sementara kehidupan sudah berubah dan terus akan berubah. Apakah Anda termasuk salah satunya?


Penulis sangat berharap , setelah membaca artikel ini Anda mulai menyadari bahwa Anda perlu belajar cara mendidik anak yang benar sehingga kelak ketika anak Anda dewasa menjadi pribadi sukses di berbagai aspek kehidupan.


Pengetahuan dan ilmu apakah yang sangat penting dan mendasar yang perlu dipelajari orang tua agar mampu mendidik dan mengembangkan potensi anak?
Hal yang paling mendasar untuk Anda pelajari sebagai orang tua adalah mengetahui dan mengenal diri sendiri dengan baik. Dengan mengenal diri Anda sendiri dengan baik, maka Anda akan mengenal dan memahami anak Anda lebih baik. Jika Anda masih sibuk memahami diri sendiri maka Anda tidak akan bisa melihat detail-detail keperibadian dan karakter anak Anda. Pemahaman diri akan membawa Anda pada pengendalian dan control diri sebagai orang tua.

Baca juga : Menjadi Bijaksana di Era Digital

Selanjutnya adalah persepsi yang benar tentang mendidik anak.
Persepsi adalah kunci utama perubahan.
Sebagus apapun cara pikir Anda, jika persepsi awal salah maka Anda tidak akan mencapai hasil yang diharapkan. Termasuk persepsi menganai apa yang diperlukan anak untuk sukses, persepsi apa yang terbaik bagi anak Anda, persepsi mengenai pasangan, persepsi mengenai sekolah, dan persepsi berbagai hal dalam hidup.
Itu adalah dua hal mendasar yang perlu Anda pelajari tentang mendidik Anak agar anak Anda sukses sesuai harapan.


Semoga bermanfaat , salam parenting

______________________________________________

Artikel ini sebelumnya diposting di : Lombok Healing Foundation

Penulis : I Nengah Yasdwipura (Guru Multimedia/Informatika)