Buku Sahabat Sejati

Hay guys sudah tahu tempat yang lagi ngehits di smk 3… betul sekali, perpustakaan smekti juara, tampil baru, Bikin kegiatan  membaca buku menjadi lebih menyenangkan. Kenapa kita harus baca buku, berikut beberapa alasan kenapa kita kudu menyempatkan membaca buku, sebagaimana kita juga kudu menyempatkan olahraga.

Yang pertama, buku adalah teman yg setia. Musim hujan yang bikin mager, jadi enak ditemani buku, musim panas bawa buku ke pantai juga seru.  Buku teman setia menemani kita dalam segala suasana. Mungkin ada yang punya pengalaman memiliki teman yang cuma dekat saat kita ada uang, atau punya teman baik tetapi posisinya jauh, duh nyesek yah. Kalau buku, ia selalu siap menemani kita saat sedih maupun happy, sedang kismin ataupun tajir.

Baca juga : Menjadi Bijaksana di Era Digital

Yang kedua, buku adalah dunia imajinasi tanpa batas. Dunia kita adalah dunia penuh keterbatasan, tetapi buku bisa membawa kita melanglangbuana dalam berbagai gagasan, dalam berbagai tempat dan kurun waktu yang tak terbatas. Dengan banyak  membaca, kita akan memilki imajinasi (daya berpikir) yang kuat. Kemampuan berimajinasi ini adalah modal generasi muda untuk memimpin masa depan, karena kelak ia akan mampu melahirkan ide-ide baru yang berbeda dengan sebelumnya melalui imajinasinya.

Saya suka membaca, tetapi hanya membaca status. Bagus, tinggal  dilanjutkan dengan membaca buku, Guys. Karena membaca di whatshap atau medsos dibandingkan dengan membaca buku seperti kita sedang melakukan pengamatan bawah laut antara snorkeling atau diving. Tentu kedalamannya berbeda, kepuasan yang dicapai juga berbeda.  

Yang ketiga, buku mematik otak kita untuk aktif. Saat membaca komik conan, seri babi hutan tere liye, bawah sadar kita sedang aktif bekerja mencerna, menganalisa  dan menyelesaikan masalah dalam cerita tersebut, sekaligus terhibur dengan kisah-kisah lucu didalamnya. Kebiasaan menganalisis kejadian akan efektif saat para teknisi bekerja menganalisis pekerjaannya. Dan hiburan adalah penyegar otak kita agar tetap fresh, jauh dari kebuntuan.

Apakah semua buku baik untuk dibaca? Tidak juga, sama seperti makanan, ada makanan bergizi dan ada junk food. Kita kudu memilah dan milih buku yang menjadi asupan otak kita. Hindari buku yang mengandung konten pornografi dan perpecahan.

 

Keempat; Kewajiban. Bagi seorang muslim, kewajiban pertama seorang muslim sebelum perintah sholat dan puasa diturunkan adalah Iqra’ atau membaca. Absolutely ketika yg namanya kewajiban berarti kudu dijalankan. Mungkin kita saat ini tidak suka membaca tetapi kita tahu itu adalah perintah maka kita kerjakan dulu, benefits akan dirasakan menyusul.

Baca juga : Menjadi Guru Yang Mengajar Dengan Hati

Bagaimana agar kita nyaman membaca, simak tips berikut :

1. Bacalah hal-hal yang kamu sukai. Ada banyak jenis buku yang disediakan oleh perpustakaan smk 3 yang bisa dipilih sesuai minat, atau hobi kalian. Mungkin ada yang suka pelihara ayam, suka mengutak-atik motor atau suka dengan sastra, bisa mengasah hobinya

2. Ajak teman-temanmu masuk bareng ke perpustakaan, obrolin bareng buku kesukaan masing-masing, atau sebaliknya ke perpustakaan saja sendiri, nanti dapat kenalan yang sesuhu.

3. Siapin catatan kecil, stabilo jika itu buku sendiri. Atau bisa juga siapin makanan kecil.

4. Menonaktifkan media social. Saat membaca buku, keberadaan medsos dapat mengganggu konsentrasi dan minat membaca, agar bisa nyaman membaca buku, medsos perlu dioffkan beberapa saat.

Referensi :

shopee.co.id/inspirasi-shopee/alasan-mengapa-hobi-membaca-itu-menyenangkan/

membacacepat.com/artikel/membaca-najwa-shihab/

Laksmi. (2020). STRATEGI PERPUSTAKAAN MENERAPKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN IMAJINASI, KREATIVITAS, INOVASI. Alfuad Journal, 4 (1).

_______________________________________________________

Penulis : Siti Anzinzah, S.Pd (guru Teknik Lisrik)

Editor : I Nengah Yasdwipura (Tim Media Center)