Togetherness Is Our Strength– 51 Tahun SMEKTI JUARA (Bagian 3 - tamat)

Puncak Ekspresi

Hari ini Sabtu, 15 Januari 2022 SMK Negeri 3 Mataram benar-benar Begawe Beleq (Baca : SMKN 3 Mataram Begawe Beleq ) . Kesibukan sudah terlihat sejak pagi di lapangan tengah, panggung ekpresi yang ditata sedemikian rupa, beberapa terop terlihat menghiasi mengelilingi lapangan dan disebelah barat terlihat keramaian siswa-siswi yang ternyata mereka mengadakan bazar dari beberapa kelas sebagai implementasi dari pelajaran kewirausahaan. Satu demi bapak ibu guru dan siswa berdatangan menuju lapangan dengan menggunakan pakaian adat Nusantara menambah meriahnya suasanan hari ini yang sudah dipersiapkan satu hari sebelumnya oleh panitia. Hari ini merupakan  puncak perayaan 51 tahun SMK Negeri 3 Mataram.

Kegiatan diawali dengan pelepasan 7 orang guru yang memasuki masa purna tugas dan satu orang pegawai yang pindah tugas ke SMAN 3 Mataram. Dalam acara pelepasan ini, pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada seluruh bapak guru ibu guru yang purna tugas dan pindah tugas atas pengabdiannya di SMK Negeri 3 Mataram selama ini.

Usai kegiatan pelepasan bapak ibu guru yang purna tugas dan pindah tugas dilanjutkan dengan pembacaan dan pemberian hadiah lomba yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya yaitu, lomba bulu tangkis antar siswa, lomba senam Gemar Gatra antar siswa antar kelas dan antar guru antar jurusan, lomba penulisan artikel paling inspiratif oleh guru dan pegawai di website sekolah, lomba larik tambang antar siswa antar kelas, lomba bazar antar siswa antar kelas. Disamping itu juga diberikan penghargaan kepada guru dan pegawai yang memiliki prestasi seperti penghargaan bintang pegawai paling inspiratif, penghargaan bintang pimpiman paling produktif, penghargaan bintang literasi. Satu-satunya lomba yang belum diumumkan adalah lomba poster yang dilaksanakan antar siswa antar kelas yang pemenang dan pemberian hadiah akan diumumkan hari Senin, 17 Januari 2022 saat upacara bendera.

Kepala sekolah bapak Ruju rahmad, S.Pd, MT dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika SMK Negeri 3 Mataram yang telah mensukseskan rangkaian pelaksanaan perayaan 51 tahun SMK Negeri 3 Mataram yang penuh semangat bahu membahu. Diharapkan semangat ini terus ditingkatkan untuk memajukan sekolah sehingga bisa menamatkan lulusan-lulusan yang berkualitas.

Untuk memeriahkan dan menambah kegembiraan ditampilkan hiburan yang cukup memukau seperti perkusi, music, atraksi dari masing-masing ekstra kurikuler seperti pencinta alam, presean, gendang beleq , tari tradisional sasak, dan yang terakhir adalah tari barong sai yang sangat memukau penonton dan penari mendapatkan ang pao dari bapak Kepala Sekolah dan bapak Kepala Dnas DIKBUD NTB.

Dilain pihak bapak Kepala Dinas DIKBUD NTB bapak Dr. H. Aidy Furqan,M.Pd dalam sambutannya mengucapkan Selamat Ulang tahun ke 51 kepada SMK Negeri 3 Mataram dalam usia yang cukup matang menuju kematangan yang lebih bagus. Bapak Kepala Dinas mengharapakn implementasi dari kebijakan-kebijakan pemerintah provinsi , program-program DIKBUD khusunya program product based dan production based learning dapat diwujudkan walaupun sudah diketahui bahwa SMK Negeri 3 Mataram sudah melakukannya dengan baik bahkan menjadi teaching factory bagi sekolah-sekolah lain dan di tahun 2022 SMK sudah mulai menjadi SMK BLUD. Ada 15 sekolah di NTB yang akan menjadi SMK BLUD yang segera akan keluar SK Gubernurnya. Di usia 51 tahu SMK Negeri 3 Mataram bapak Kepala Dinas menitip program unggulan DIKBUD yaitu Bhakti DIKBUD yang terdiri dari 4 hal yaitu (1) Spiritual Camp dimana setiap siswa diharapkan minimal mengikuti satu kali camp keagamaan dalam satu semester, (2) Alumni Trail (jejak alumni) mengharapkan ada jejak yang yang ditinggalkan oleh alumni baik yang akan tamat maupun yang sudah tamat , (3) One Student one Tree  , setiap yang tamat wajib menyumbangkan satu pohon ,(4) Afirmasi difable , satu sekolah diharapkan memberi satu ruang untuk difable baik itu sebagai pegawai atau guru. Bhakti DIKBUD ini berkonsentrasi pada peningkatan SDM sehingga menamatkan lulusan yang benar-benar siap kerja secara mental, skil dan spiritual.

Peresmian Ruang Perpustakaan

Kegiatan ditutup dengan peresmian Perpustakaan SMK Negeri 3 Mataram oleh Bapak Kepala DInas dengan wajah baru yang terletak diselatan lapangan yaitu eks ruangan bengkel gambar manual. Usai acara diperpustakaan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Dengan usainya peresmian Perpustakaan ini, maka usai sudah semua rangkaian acara perayaan ulang tahun ke 51 SMK Negeri 3 Mataram. Semoga SMK Negeri 3 Mataram terus maju seiring dengan kemajuan ilmu dan tenologi yang saat ini terus berkembang dengan begitu pesatnya.

Togetherness Is Our Strength – Kebersamaan Adalah Kekuatan Kita -Selamat Ulang Tahun SMK Negeri 3 Mataram ke-51 – SMEKTI JUARA Impian Kita Semua

_____________________________

Penulis : I Nengah Yasdwipura-Guru Multimedia (Tim Media Center)

Baca juga :

Togetherness Is Our Strength– 51 Tahun SMEKTI JUARA (Bagian 1)

Togetherness Is Our Strength – 51 Tahun SMEKTI JUARA (Bagian 2)

SMEKTI-Ku Impian-Ku JUARA

SMKN 3 Mataram Begawe Beleq

Menuju Kantin Sehat SMEKTI