Togetherness Is Our Strength – 51 Tahun SMEKTI JUARA (Bagian 2)

Istigosan dan Santunan

Setelah beberapa hari sebelumnya, kegiatan perayaan ulang tahun sekolah menempa kesehatan fisik dengan lomba senam, kepedulian terhadap sahabat yang sakit dengan donor darah dan Pendidikan wirausaha oleh siswa , maka hari Jumat, 14 Januari 2022 seluruh bapak ibu guru, pegawai dan siswa berkumpul di palapang barket di depan Panggung Ekspresi kebanggan SMK Negeri 3 Mataram mengikuti istigosah dengan menghadirkan ustad yang merupakan alumni SMK Negeri 3 Mataram yaitu Ustad Fitrah Saputra yang merupakan alumni SMK Negeri 3 Mataram program keahlian TKR (Teknik Kendaraan Ringan) tahun 2002. Dalam ceramahnya Ustad Fitrah Saputra mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan menebar kebaikan bagi sesame dan alam semesta. Diusi 51 tahun SMK Negeri 3 hendaknya menjadi Lembaga yang penuh berkah, artinya seluruh guru, pegawai , siswa dan alumni terus meningkatkan kualitas sesuai dengan peran masing-masing

51 tahun SMEKTI JUARA

Usai istigosah dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim/piatu dari Kelurahan Gomong dan Kampng Banjar serta siswa siswa SMK Negeri 3 Mataram yang keseluruhan berjumlah 60 orang.

Ditempat terpisah siswa yang tergabung Pramuka dan pencinta alam (palantek) mengadakan bakti sosial di pantai Kampung Banjar Ampenan dengan melakukan penanaman pohon dan bersih-bersih pantai. Beberapa siswa dari program keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor bekerja sama Sriwijaya Astra Motor mengadakan service motor gratis untuk masyarakat Kampung Banjar Ampenan.

Kenapa dipilihnya Kampung Banjar?

SMK Negeri 3 Mataram memilik Kampung binaan yaitu Kampung Banjar Ampenan yang sudah terjalin cukup lama. Kegiatan ini mendapatkan sambutan antusian dari masyarakat setempat, salah satu warga yang sempat diwawancarai yaitu bapak Gani dan bapak Edi Suhardi sangat berterima kasih kepada SMK Negeri 3 Mataram yang sudah perduli dengan daerah Kampung Banjar dan mengharapkan kegiatan serupa terus berlanjut. Dilain pihak Bapak Kepala Sekolah Ruju Rahmad, S,Pd, MT mengharapkan masyarakat Kapung Banjar jika ingin sekolah SMK Teknologi bisa memilih SMK Negeri 3 Mataram sebagai salah satu pilihan sehingga terjalin kerja sama antara masyarakat dengan sekolah dan mengharapkan tetap menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Mengingat Kampung Banjar terletak di tepi pantai dan aliran sungai sangat diharapkan masyarakat menjaga kebersihan sehingga masyarakat yang sehat dan berwawasan lingkungan dapat terwujud sesuai dengan program pemerintah.

Coffee Talk Link and Supert match

Dihari yang sama Jumat , 14 Januari 2022 pada malam harinya mulai pukup 19.30 – 22.00 SMK Negeri 3 Mataram melaksanakan acara ramah tamah dengan mitra kerja yang selama ini sudah membantu sekolah yang dikemas dalam acara “Coffee Talk, Link and Supert Match”. Acara ini dikemas sedemikian rupa dengan harapan mendekatkan SMK sebagai sekolah pencetak tenaga kerja muda dan penerus bangsa ini akan terjalin hubungan yang erat dengan dunia usaha dunia industri semagai mitra kerja yang saling mendukung untuk memajukan Pendidikan khususnya SMK dengan harapan akan menghasilkan lulusan yang siap terjun di dunia usaha dunia industri dengan standar yang ditetapkan oleh asosiasi masing-masing bidang kerja. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini memacu semua pihak saling bekerja sama sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang terjadi di dunia bisnis, sebagai contoh mergernya perusahaan perusahaan online Gojek dan Tokopedia. Untuk itu diharapkan dunia Pendidikan dengan dunia bisnis makin haris makin inten menjalin kerja sama.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas DIKBUD Provinsi NTB, KCD Mataram Lombok Barat, Kepala Bidang SMK, perwakilan DUDI, alumni dan bapak ibu guru serta karyawan SMK Negeri 3 Mataram. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas DIKBUD menyampaikan satu program yang disebut Bhakti DIKBUD yang bertujuan menyeimbangkan antara kemampuan skill dan spiritual, kemampuan pengetahuan dan spiritual yang minimal terdiri dari 5 komponen yaitu (1) Spiritual Camp dimana setiap siswa diharapkan minimal mengikuti satu kali camp keagamaan dalam satu semester, (2) Alumni Trail (jejak alumni) mengharapkan ada jejak yang yang ditinggalkan oleh alumni baik yang akan tamat maupun yang sudah tamat , (3) One Student one Tree  , setiap yang tamat wajib menyumbangkan satu pohon ,(4) Afirmasi difable , satu sekolah diharapkan memberi satu ruang untuk difable baik itu sebagai pegawai atau guru, (5) Peran serta alumni.

Dalam kesempatan tersebut wakil dari beberapa perusahaan yang hadir yang ternyata banyak merupakan alumni SMK Negeri 3 Mataram memberikan masukan untuk kemajuan sekolah seperti masa pkl lebih diperpanjang, lebih menggalakkan inovasi mobil dan motor listrik.

Acara ditutup dengan penandatangan MOU antara perusahaan sebagai mitra kerja dengan pihak  SMK Negeri 3 Mataram baik dalam penggunaan fasilitas , kegiatan praktek industri,  ataupun kerja sama dalam penerimaan tenaga kerja.

Bersambung>>>>>

_______________________________________________________________

Penulis : I Nengah Yasdwipura – guru Multimedia (Tim Media Center)

Baca juga :

Togetherness Is Our Strength– 51 Tahun SMEKTI JUARA (Bagian 1)

SMEKTI-Ku Impian-Ku JUARA

SMKN 3 Mataram Begawe Beleq

Perpustakaan SMEKTI Menuju E-LIBRARY

Menuju Kantin Sehat SMEKTI