Togetherness Is Our Strength– 51 Tahun SMEKTI JUARA (Bagian 1)

SMEKTI J U A R A

SMEKTI JUARA adalah jargon yang dicetuskan begitu Bapak Ruju Rahmad, S.Pd, MT memimpin SMK Negeri 3 Mataram. Jargon ini terus digemakan oleh seluruh warga SMK Negeri 3 Mataram disetiap kesempatan. Hal ini dapat terlihat juga dibeberapa sudut sekolah terpampang jargon SMEKTI JUARA, tidak ketinggalan juga terpampang di bengkel-bengkel dan juga dapat kita lihat di taman depan dengan jelas tertulis SMEKTI JUARA.

Jargon ini menjadi penyemangat dalam menjalani semua aktivitas di sekolah yang kita banggakan SMK Negeri 3 Mataram karena memiliki makna yang sangat dalam jika kita renungkan yaitu :

J – Jujur ,  U – Unggul ,  A – Asri,  R – Religius , A – Aman

Jargon JUARA hanya kata-kata yang tidak bermakna jika tidak dibarengi dengan tindakan nyata oleh warganya bapak ibu guru pegawai dan seluruh siswanya secara bersama-sama. SMK Negeri 3 Mataram yang sejak berdirinya Bernama STM Negeri Mataram kini berusia 51 tahun tepatnya tanggal 28 Desember 2021 mengambil tema :

“Togetherness Is Out Strength – Kebersamaan Adalah Kekuatan Kita”

Yang perlu dipahami oleh kita semua warga SMK Negeri 3 Mataram bahwa sebagus apapun jargon yang dimiliki tanpa diterapkan dalam tindakan nyata akan menjadi tanpa makna, maka dari itu tepat sekali tema yang diangkat dalam ulang tahun sekolah ke-51. Tanpa kebersamaan kekuatan kita tidak akan maksimal seperti pepatah pendahulu-pendahulu kita bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

Berbagai Kegiatan Mewarnai Perayaan 51 Tahun SMEKTI

Dengan tetap mentaati protocol Kesehatan pademi covid-19 perayaan ulang tahun tetap dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, dari siswa, guru dan pegawai. Dengan semangat kebersamaan sesuai dengan tema yang diangkat, seluruh warga sekolah mengikuti rangkaian kegiatan yang diprogramkan oleh panitia diantaranya lomba senam, pertandingan bulu tangkis, lomba spanduk, tulisan inspiratif di website sekolah dan lain sebagainya.

Kegiatan diawali dengan pertandingan bulu tangkis antar kelas dari tanggal 7-10 Januari bertempat di Aula Sanggraha Wiguna SMK Negeri 3 Mataram yang kemudian dilanjukkan hari Selasa, 11 Januari 2022 dilaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah bekerja sama dengan PMI Kota Mataram bertempat di ruangan eks perpustakaan.

Lomba Senam Gemar Gatra , Bazar dan Service Motor Murah

Lomba senam kebanggaan masyarakat Nusa Teanggara Barat yaitu senam Gemar Gatra dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun sekolah yang diikuti oleh siswa dan guru pegawai antar program keahlian. Lomba senam untuk siswa antar program keahlian dilaksana hari Rabu, 12 Januari 2022 bertempat di Aula Sanggraha Wiguna SMK Negeri 3 Mataram diawali dengan senam Bersama oleh seluruh peserta dan juga juri yang terdiri dari 3 orang yaitu Dody M Putra, S.Pd, Putu Kumala Dewi S.Ag dan Eliana Zulaiha, S.Pd yang dilanjutkan dengan penampilan-masing-masing kelompok yang dengan semangat mengikuti kegiatan tersebut.

Lomba senam Gemar Gatra

Sementara siswa mengikuti lomba senam, siswa lainnya tidak mau kalah mereka melakukan bazar di bertempat di Lapangan basket, beberapa kelas yang disupport oleh wali kelasnya mengikuti bazar. Terlihat keceriaan dari wajah-wajah siswa tersebut, mereka belajar berwirausaha dengan semangat kebersamaan.

Bapak ibu guru tidak mau kalah dengan siswanya , masing-masing program keahlian juga mengikuti lomba senam Gemar Gatra di hari Kami, 13 Januari 2022 di tempat yang sama Aula Sanggraha Wiguna SK Negeri 3 Mataram. Luar biasa semangat bapak ibu guru dalam mengikuti loma senam yang juga diawali dengan senam Bersama seluruh peserta dan dewan juri yang sama Ketika hari sebelumnya  lomba anatar siswa. Pada hari yang sama di lapangan basket para siswa tetap melaksanakan bazar, hari yang penuh keceriaan yang selama 2020 hingga 2021 tidak mereka dapatkan karena pemerintah menetapkan PPKM yang mengharuskan guru dan siswa belajar secara daring.

service motor murah

Sementara itu selama 2 hari 12-13 Januari 2022 bertempat di halaman depan siswa-siswa Teknik Bisnis Sepeda Motor memberikan pelayanan service motor murah khusus motor Honda bekerja sama dengan Astra Sriwijaya Motor yang meliputi tune up dan ganti oli. Teknisi yang melakukan adalah siswa-siswa Program Keahlian TBSM dibawah pengawasan guru-guru TBSM serta teknisi dari Astra Sriwijaya Motor

Bersambung > > >

Penulis : I Nengah Yasdwipura – Guru Multimedia (Tim Media Center)