SMEKTI-Ku Impian-Ku JUARA

Sejak berdirinya STM Negeri Mataram 51 tahun lalu sebagai sekolah afiliasi STM Negeri Denpasar yang kini bernama SMK Negeri 3 Mataram banyak mengalami perkembangan baik secara fisik maupun sdmnya. Perjalanan panjang telah dilalui sekolah ini , kepala sekolah yang memiminpun silih berganti dengan gayanya masing-masing, guru-gurunya-pun juga terus berganti yang mewarnai perjalanan sekolah tercinta. Tiap tahun siswa-siswi lulus dengan berbagai kompetensi dan saat ini sudah tersebar di seantero wilayah negeri Indonesia tercinta.

Wajah sekolahpun terus berubah dikemas sedemikian rupa sesuai dengan misi kepala sekolah yang memimpin di setiap masanya. Dengan perkembangan dunia teknologi yang secara langsung juga mempengaruhi dunia Pendidikan mau tidak mau, suka tidak suka sekolah tercinta dengan seluruh civitas akademika juga mengikuti perkembangannya.

Teknologi Informasi mengubah dunia

Teknologi Informasi yang sudah mengubah wajah dunia yang sangat terasa dimuai tahun 2000-an hingga kini , menjadi tantangan tersendiri bagi dunia Pendidikan. Semua sisi kehidupan sudah dijamah oleh teknologi informasi yang berkembang begitu cepatnya. Para guru dipaksa mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi saat ini termasuk jua tenaga kependidikan.

Adakah bagian kehidupan kita saat ini yang tidak terimbas oleh teknologi informasi? Sembilan puluh persen bahkan lebih sudah terimbas , dari kehidupan rumah tangga, pergaulan masyarakant, dunia bisnis, dunia otomotif, bisnis finansial, dunia pertanian, termasuk dunia Pendidikan. Semuanya berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Adakah orang yang terjebak dan kaget dengan semuanya ini?

Tentu saja ada.

Kita termasuk yang mana?

Semua jawabannya ada pada diri kita masing-masing. Perubahan dunia luar, secara langsung akan mempengaruhi dunia dalam diri manusia, disadari atau tidak. Jika kita sebagai seorang guru atau tenaga kependidikan masih mengeluhkan perubahan yang terjadi, itu adalah hal yang wajar terjadi. Tetapi perlu disadari perubahan akan terus terjadi dan jika kita tidak merubah pola pikir kita dan mengikuti perkembangan saat ini dan ke depannya maka kita akan semakin jauh tertinggal dan menjadi orang asing di dunia kita saat ini.

Baja juga : SMKN 3 Mataram Begawe Beleq

Dari mana perubahan di mulai ?

Beberapa waktu lalu penulis membuat status di salah satu media sosial :

“Perjalanan terberat seorang manusia adalah menemukan diri sendiri, karena harus berani mengakui dirinya sendiri , jika dia sudah menemukan dirinya sendiri maka itu adalah awal titik balik kehidupannya”

Ini adalah salah satu ajaran dari salah seorang guru yang memiliki makna yang sangat dalam dan mungkin (sulit) dilaksanakan bagi sebagian orang tetapi bukan tidak mungkin untuk dilaksanakan. Kita hendaknya mengakui diri kita sendiri,  jujur dengan diri kita sendiri karena tanpa sadar banyak diantara kita tidak jujur dengan diri kita sendiri, kita terjebak dengan ego kita sendiri. Banyak diantara kita mencari kambing hitam dari sebuah kejadian, banyak diantara kita selalu mencari pembenaran dari setiap kejadian. Kenapa ? Karena kita belum menemukan diri kita sendiri, kita belum mau jujur kepada diri kita sendiri. Sehingga kita cenderung menyalahkan orang lain, menyalahkan keadaan.

Baca juga : Perpustakaan SMEKTI Menuju E-LIBRARY

Dunia Pendidikan saat ini dituntut menghasilkan lulusan-lulusan sesuai yang dicita-citakan pendiri bangsa ini memerlukan guru-guru dan tenaga kependidikan yang mau berubah lebih maju seiring dengan perkembangan teknologi. Pemerintah telah meluncurkan berbagai program melalui departemen Pendidikan dan kebudayaa, diantaranya, merdeka belajar, Gerakan sekolah menyenangkan, Gerakan sabtu budaya, green school , perpustakaan digital dan lain sebagainya. Dengan demikian guru diharapkan mengubah paradigma cara mengajar sesuai dengan keadaan saat ini, mengikuti perkembangan dan perubahaan yang terjadi. Untuk itu guru tidak hanya belajar keluar tapi juga belajar ke dalam diri, menemukan dirinya sendiri, mau jujur dengan dirinya sendiri karena ini jauh lebih penting . Kita kita sebagai guru yang merupakan ujung tombak dunia pendidikan , ketika kita sudah menemukan diri sejati kita maka akan sangat mudah mengikuti perkembangan yang ada sekarang dan yang akan datang. Perubahan ini yang ditunggu-tunggu dan yang sangat diharapkan oleh generasi penerus bangsa ini, oleh anak-anak kita, oleh siswa-siswa kita.

SMK Negeri 3 Mataram berbenah

Sejak merebaknya COVID-19 mulai Desember 2019 silam yang melanda dunia yang sampai saat ini masih berlangsung ,mengubah tatanan kehidupan masyaraat dunia di semua bidang kehidupan termasuk dunia Pendidikan. Masyarakat dunia kaget, marah dan entah apa lagi yang pada akhirnya menerima dengan iklas  dan menyesuaikan kehidupan dengan kondisi pademi dan akhinya berjalan juga. Banyak masyarakat yang mengeluh dan terpuruk, sementara banyak juga masyarakat menerima dengan iklas keadaan ini bahkan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat seperti pemilik zoom, bisnis penyedia layanan internet, bisnis bidang Kesehatan,  toko online dan sebagainya.

Kita warga SMK Negeri 3 Mataram akan menjadi yang mana?

Menolak perubahan atau menjadi bagian dari perubahan itu.

Wajah-wajah dibeberapa sudut sekolah mulai ditata mulai berubah penampilannya, taman-taman, Gedung, panggung ekspresi, ruangan-ruangan dan yang terakhir saat ini adalah perpustakaan. Ditahun 2022 ini kita tunggu perubahan apa yang akan terjadi.

Baja juga : Menuju Kantin Sehat SMEKTI

Kita sebagai bagian dari sekolah tercinta ini mau menjadi yang mana ? Mengikuti perkembangan yang sudah jelas di depan mata atau akan menjadi orang asing di tempat kita sendiri. Semua kembali ke diri kita masing-masing.

Ingat!  Anak-anak kita, siswa-siswa kita generasi penerus bangsa ini menunggu perubahan kita sebagai garda terdepan di dunia pendidikan, karena ada kemungkinan mereka tidak akan berubah kalau kita tidak berubah. Di momen yang sangat berbahagia ini, di usia 51 tahun SMK Negeri 3 Mataram, banyak sudut yang sudah sekolah ini yang berubah dan orang-orangnya-pun makin hari akan berubah menjadi lebih menunjang perkembangan masa depan anak-anak bangsa ini.

Selamat Ulang Tahun SMK Negeri 3 Mataram ke-51, anak-anak bangsa ini, generasi penerus bangsa menunggu perubahan ini. Maju terus sekolah tercinta SMK Negeri 3 Mataram. Sukses selalu untuk kita semua warga SMK Negeri 3 Mataram

_______________________________

Penulis : I Nengah Yasdwipura-Guru Multimedia (Tim Media Center)