Perpustakaan SMEKTI Menuju E-LIBRARY

Wajah Baru Perpustakaan SMKN 3 Mataram

Memasuki tahun 2022 ini, ada bagian dari SMK Negeri 3 Mataram yang menarik perhatian hampir semua warga sekolah. Dengan sentuhan dingin Kepala Sekolah, perpustakaan yang tadinya tampak biasa saja, sekarang tampil begitu menarik dan nyaman.  Kepala Sekolah memiliki visi yang sangat bagus berkaitan dengan penataan bagian-bagian dari sekolah, sehingga selama kepemimpinannya, beberapa bagian sekolah menjadi ikon menarik dan memiliki pesona dengan karaktersitik masing-masing.

Kehadiran wajah baru perpustakan, tentu saja memberi nuansa baru dan daya tarik baru. Dari media sosial yang bisa diikuti, warga sekolah bangga memperkenalkan wajah baru perpustakaan ini. Hal ini sekaligus sebagai ajang promosi dari salah satu sudut sekolah. Harapan kita bersama, wajah baru perpustakaan sekolah dengan sentuhan penataan interior yang tertata sedemikian rupa tidak sekadar menjadi magnet selfi untuk kepentingan pribadi semata, tetapi betul-betul untuk meningkatkan kompetensi literasi warga sekolah.

Baca juga : Menuju Kantin Sehat SMEKTI

Perpustakaan sekolah merupakan elemen pendukung yang sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar, sehingga dalam hal ini perpustakaan merupakan media dalam pembelajaran. Sebagai salah satu penunjang proses pembelajaran, keberadaan perpustakaan sekolah memegang peranan sangat penting dalam menggairahkan kegiatan pembelajaran dan sekaligus sebagai sumber belajar bagi guru maupun siswa tentunya dengan pengelolaan dan pelayanan yang semakin meningkat dalam melayani warga sekolah.

Perhatian manajemen sekolah terhadap pengelolaan perpustakaan, menggambarkan keseriusan sekolah dalam mendorong keberlangsungan Gerakan literasi sekolah. Dari pembenahan perpustakaan yang telah dilakukan oleh manajemen sekolah, dapat dilihat bahwa, Gerakan Literasi Sekolah diharapkan menjadi bagian penting yang dapat dijalankan oleh semua warga sekolah. Semakin lengkap koleksi buku perpustakaan, maka akan semakin mendorong keberlangsungan ekosistem literasi sekolah. Melalui pembenahan perpustakaan ini, manajemen sekolah mengharapkan kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik yang berkaitan dengan literasi dapat dimunculkan berpusat dari perpustakaan.

Baca juga : Paparan Kepala Dinas Dikbud NTB Mengawali Tahun 2022 di SMK Negeri 3 Mataram

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perpustakaan wajib berbenah. Koleksi sumber referensi dalam bentuk fisik yang lengkap, tidak dipungkiri akan memperkaya wawasan warga sekolah. Ketika kebutuhan sumber referensi dari warga sekolah semakin beragam, maka, fungsi dari koleksi tersebut akan menunjang pemenuhan tersebut. Ketika teknologi digitalisasi sudah merambah berbagai bidang, maka, digitalisasi perpustakaan pun merupakan salah satu produk teknologi yang lahir mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Kemajuan digitalisasi ternyata juga menyentuh pada keberadaan buku sebagai referensi, sehingga dikenal istilah e-book. Menurut Wikipedia, e-book atau buku elektronik  atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari gabungan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku-elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar (Wikipedia, 2021). Jika kita berselancar di dunia maya, maka akan banyak kita temukan ketersediaan e-book ini, baik yang dapat diakses secara berbayar maupun yang tidak berbayar.. Transformasi keberadaan sumber referensi buku dari kertas ke bentuk digital, tentu saja diiringi dengan beberapa keuntungan, antara lain: (1) Paperless sehingga ramah lingkungan, (2) Tampilan dinamis, (3) Praktis dan mudah dibawa, dan (4) Tahan lama (Deeppublish, 2020). Sebuah teknologi digital seperti halnya e-book, dalam mempergunakannya tentu saja memerlukan  perangkat dan kemampuan dalam mengoperasikan aplikasinya.

Kelengkapan E-Library Pada Perpustakan SMK Negeri 3 Mataram

Keberadaan fisik perpustakaan SMK Negeri 3 Mataram yang sudah menawan saat ini, rasanya kurang lengkap jika tidak ikut diperkuat dengan koleksi e-book. Dalam dunia perpustakaan, penyediaan e-book sebagai koleksinya dikenal dengan istilah Perpustakaan Digital atau e-library. Menurut Surachman (2010), perpustakaan digital merupakan suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Perpustakaan digital memiliki pengertian yang sama dengan perpustakaan elektronik (electronic library) dan perpustakaan maya. Beberapa Lembaga pendidikan ternama, baik pendidikan menengah maupun perguruan tinggi, telah menyediaakn fasilitas e-library untuk diakses oleh siapa saja yang memiliki kewenangan untuk memanfaatkannya. Keberadaan e-library tidak terlepas dari ketersediaan sumber referensi dalam bentuk e-book. Bahkan, penerbit-penerbit buku ternama yang selama ini menyediakn buku teks untuk sumber belajar, seperti Penerbit Erlangga atau Penerbit Tiga Serangkai telah menyediakan e-book yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah dalam mengembangkan e-library.

Jika penerbit-penerbit buku saat sekarang ini bertransformasi menyediaakn e-book sebagai aspek bisnisnya, maka sudah saatnya Peprustakaan SMK Negeri 3 Mataram mulai berbenah dengan menambah fasilitas akan menjadi E-Library SMEKTI. Beberapa hal yang perlu dipersiapakna dalam E-Library SMEKTI antara lain: (1) menganggarkan pemenuhan sumber referensi yang selama ini diwujudkan dalam bentuk buku fisik, maka sebgaian perlu diwujudkan dalam bentuk e-book; (2) menyediakan perangkat tambahan di perpustakaan sekolah baik berbentuk Personnal Computer (PC) atau tablet, sebagai media pengunjung untuk mengakses e-book melalui E-Library SMEKTI; (3) memperkuat jaringan internet di lokasi perpustakaan; (4) mensosialisasikan kepada warga sekolah tentang keberadaan E-Library SMEKTI.

Baca juga : Usia Ke 51, “SEANDAINYA MAU” SMK Negeri 3 Mataram PASTI BISA !!!

Keberadaan E-Library SMEKTI akan memberikan positif bagi dampak-dampak sekolah, terutama dampak tentang kemampuan digital warga sekolah berkaitan dengan literasi. Demikian juga dengan keberadaan koleksi sumber referensi, dimungkinkan, karena e-book lebih berbiaya murah dibanding buku dalam bentuk fisik, maka, koleksi buku diperpustakaan akan semakin lengkap melalui penambahan kolek e-book dalam E-Library SMEKTI.

Ada muncul kekhawatiran, perpustakaan sekolah akan sepi pengunjung jika sudah bertansformasi ke E-Library. Kekhawatiran ini bisa saja terjadi, namun, banyak hal yang dapat diprogramkan oleh sekolah dengan memanfaatkan keberadaan perpustakaan yang telah memilki fasilitas yang nyaman. Kegiatan-kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dapat lebih digalakkan dan diperkaya dengan berbasis melalui perpustakaan sekolah.  Maka, E-Library SMEKTI merupakan bagian yang akan memiliki peran tersendiri dalam perpustakaan sekolah, yaitu, memperkuat Branding SMK Negeri 3 Mataram sebagai SMK ramah  digital, serta membuktikan, bahwa, teknologi digital sudah diterapkan pada pepustakaan sekolah.  Semoga E-Library SMEKTI bisa terwujud, dan semakin mempercantik performa dari perpustakaan SMK Negeri 3 Mataram.

Sumber Tulisan

Deeppublish. 2020. E-book, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya. Diakses melalui https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-ebook-adalah/

Surachman, A. 2010. E‐LIBRARY sebagai Bagian Penting dalam   Proses Belajar Mandiri di Perguruan Tinggi. Diakses melalui https://repository.ugm.ac.id/136171/1/Makalah-E-Library-2010.pdf

Wikipedia, 2021. Buku Elektronik. Diakses melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik

_______________________________________________________________

Penulis : Rida Rosalina, S.Pd. (Guru IPA SMK N 3 Mataram)

Editor : I Nengah Yasdwipura (Tim Media Center)