Paparan Kepala Dinas Dikbud NTB Mengawali Tahun 2022 di SMK Negeri 3 Mataram

SMK Negeri 3 Mataram sebagai sekolah teknologi tertua di Nusa Tenggara Barat di tahun 2021 mengukir berbagai prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik yang dilalui dimasa pemulihan  kondisi pademi COVID-19 yang melanda dunia sejak akhir tahun 2019 sampai saat ini. Banyak prestasi yang telah diraih baik oleh guru maupun siswanya. Semua itu dilalui layaknya kehidupan manusia, jalan mulus memang diharapkan oleh sebagian besar orang namun kadang jalan kerikil juga dilalui. Apapun itu sudah dilewati oleh semua civitas akademika tercinta SMK Negeri 3 Mataram. Kita diharapkan melakukan refleksi diri terhadap semua yang telah terjadi di tahun 2021 , meningkatkan yang sudah diraih dan melakukan evalusi yang belum dilaksanakan ataupun yang gagal dilaksanakan.

Mengawali semester genap yang dimulai di awal tahun 2022 tepatnya Senin , 3 Januari 2022 dimana suasana tahun baru masih terasa , SMK Negeri 3 Mataram mengawali kegiatan dengan dengan upacara bendera yang dilanjutkan dengan pengarahan kepada seluruh Bapak Ibu Guru dan Karyawan bertempat di Aula SMK Negeri 3 Mataram. Awal tahun 2022 ini merupakan tahun spesial bagi SMK Negeri 3 Mataram karena pada pengarahannya diberikan oleh orang nomor satu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Teanggara Barat yaitu Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd.,M.Pd yang sebelumnya juga diberikan oleh Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Mataram dan Lombok Barat  Dr. Lalu Basuki Rahman , M.Pd yang dilanjutkan oleh Pengawas Pembina Bapak Ridwa , S.Pd yang pada intinya mengingatkan untuk melakukan tugas-tugas kependidikan baik sebagai guru maupun pegawai yang mana saat ini dengan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi banyak mengubah tatanan sosial yang terjadi di masyarakat apalagi dalam masa pemulihan pademi COVID-19 saat ini seluruh komponen pendidikan hendaknya menyesuaikan dengan keadaan saat ini.

Baca juga : Usia Ke 51, “SEANDAINYA MAU” SMK Negeri 3 Mataram PASTI BISA !!!

Arah Pendidikan Nusa Tenggara Barat

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd.,M.Pd dalam paparannya dengan tema “Membangun Pendidikan Membanggakan” di tengah COVID-19 periode 2018 – 2023 menyampaikan visi dan misi Provinsi Nusa Tenggara Barat,  Komponen Utama Pengelolaan Pendidikan Menuju Pendidikan Gemilang Melalui Program 4 Power – P yaitu Standar Proses, Standar isi, Standar Penilaian dan Standar Kompetensi Lulusan dimana Standar Proses yang merupakan kunci utama keberhasilan yang didukung oleh Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pembiayaan, Standar Sarana Prasarana dan Standar Pengelolaan

Disamping itu H. Aidy Furqan juga menyampaikan arah kebijakan penyelenggaraan  pendidikan berdasarkan perda no. 7  tahun 2018 perubahan atas perda no. 4 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Pendidikan yang teridiri dari 3 arah yaitu mewujudkan layanan akses pendidikan yang berkeadilan (keterjangkauan dan ketersediaan), meningkatkan  mutu dan daya saing Pendidikan (nasional dan internasional) dan meningkatkan peran serta masyarakat (partisipasi dan dukungan)

Baca juga : TERIMA KASIH SEKOLAH TERCINTA SMK NEGERI 3 MATARAM

Branding dan output

Yang tidak kalah penting dijaman digital saat ini adalah Branding yang oleh Kepala Dinas Dikbud H. Aidy Furqan menyebutnya sebagai Strategi Pendidikan Membanggakan adalah Branding Program dengan sebutan THE POWER OF  4 yaitu Profil, Penampilan, Pelayanan dan Prestasi. Setiap satuan pendidikan diharapkan melakukan branding melalui media digital yang ada saat ini yaitu website, facebook, youtube, intagram, twitter, tiktok yang merupakan media sosial paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Dengan demikian satuan pendidikan akan lebih dikenal oleh masyarakat melalui media – media tersebut. SMK Negeri 3 Mataram yang saat ini memiliki semua media di atas yang cukup aktif saat ini dan untuk wilayah Nusa Teanggara merupakan sekolah  yang memiki media sosial paling aktif untuk SMK.

Menutup paparannya di SMK Negeri 3 Mataram Kepala Dinas Dikbud H. Aidy Furqan menyampaikan MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN dan  MANAJEMEN MUTU SDM 2022 yang akan menghasilkan output SMK dalam 3 kategori yaitu sekedar lulus, yang bekerja dan yang mandiri dan diharapkan SMK Negeri 3 Mataram dengan jumlah siswa lebih dari 1500 orang akan menghasilkan output dengan kategori mandiri meningkat dari tahun ke tahun.

Kegiatan pengarahan ditutp oleh Kepala SMK Negeri 3 Mataram yang mengajak semua komponen guru, pegawai dan seluruh siswa bahu-membahu mewujudkan output SMK bukan hanya sekedar lulus, bekerja tetapi output yang MANDIRI sehingga visi dan misi provinsi Nusa Teangga Barat “ NTB Gemilang “ bisa terwujud.

Penulis : I Nengah Yasdwipura – Guru Multimedia (Tim Media Center)