Kesempatan Sekali VS Kesempatan Berkali-Kali

Sebuah quote yang sering kita dengar dalam beberapa dekade terakhir bahkan diyakini oleh banyak orang termasuk penulis dulu juga meyakini quote tersebut. Apa itu ?

“Kesempatan Tidak Datang 2 Kali, Kesempatan Datang Hanya Sekali “

Benarkah quote tersebut ? Atau apa pengarunya pada diri Anda ?

Mari kita cermati lebih dalam lagi. Ketika Anda mengatakan kesempatan tidak datang 2 kali, apa yang muncul dalam pikiran ? Kemudian coba Anda katakan akan datang berkali-kali , apa yang muncul di pikiran Anda ?

Mana yang lebih nyaman Anda katakana?

Ketika Anda mengatakan kesempatan tidak datang 2 kali, maka dalam pikiran Anda akan muncul keterpaksaan untuk melakukan sesuatu atau untuk mengambil keputusan yang belum tentu Anda siap melakukannya.

Kemudian bagaimana dengan yang mengatakan ada kesempatan ke 2, ke 3 dan seterusnya? Artinya quote itu (Anda boleh tidak sepaham) kadang menjebak Anda untuk melakukan sesuatu dalam keterpaksaan yang mungkin berakibat tidak baik pada Anda untuk selanjutnya dalam menjalani kehidupan. Misalnya , ada seorang sales menawari Anda sebuah produk atau sebuah bisnis dengan sangat bagus sehingga Anda tertarik untuk membeli atau ikut dalam bisnis tersebut padahal sebelumnya Anda tidak punya rencana untuk membeli produk tersebut atau bisnis tersebut.

Baca artikel lainnya : Gerakan Anti Bullying

Sementara Anda sudah memiliki sugesti kuat bahwa kesempatan tidak datang 2 kali sehingga Anda membeli produk tersebut yang sebenarnya tidak Anda butuhkan atau ikut bisnis yang Anda belum siap melakukannya. Apa akibat dari keputusan Anda itu ? Mungkin Anda akan menggunakan uang yang seharusnya digunakan untuk sesuatu yang sudah lama direncanakan sehingga tertunda karena Anda meyakini kesempatan tidak datang 2 kali. AKhirnya rencana Anda untuk membeli kulkas karena kulkas yang lama rusak misalnya, atau mungkin uang yang Anda siapkan untuk modal usaha terpakai sehingga usaha Anda menjadi tidak sesuai rencana. Atau bahkan Anda sampai meminjam uang untuk membeli produk yang ditawarkan sehingga menjadi beban Anda selanjutnya.

Mungkin Anda memiliki pandangan yang berbeda ? Silahkan tulis dikomentar.

Mari kita bahas quote selanjutnya :

Baca artikel lainnya : Kemeriahan Hari Guru di SMK Negeri 3 Mataram

“ Kesempatan datang berkali-kali “

Coba Anda renungkan kehidupan yang Anda alami selama beberapa tahun terakhir, misalnya 5 tahu terakhir atau lebih. Adakah kejadian beruang yang Anda alami, baik itu yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan, baik itu yang positif ataupun yang negatif. Adakah kejadian berluang yang Anda alami?

Coba Anda renungkan perasaan Anda dalam beberapa waktu terakhir. Adakah yang menyenangkan atau yang menyedihkan ? Apakah kejadiannya berulang ?

Coba Anda renungkan rejeki yang Anda peroleh dalam beberapa bulan terakhir. Apakah rejekinya tetap terus menerus, meningkat terus atau kadang turun, datar, naik turun lagi dan seterusnya ?

Pernahkan Anda memperhatikan harga suatu barang misalnya yang banyak digandrungi orang sebagai investasi yaitu emas. Bagaimanakah harga emas dari waktu ke waktu ? Apakah harganya naik terus, turun terus atau kadang naik kadang turun.

Atau Anda bisa lihat pedagang di pasar tradisional , para pedagang akan senang jika ada momen hari raya karena saat itu mereka akan meraup keuntungan lumayan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Masih ingatkah Anda dengan pelajaran fisika ketika SMP atau SMA yaitu gelombang yang memiliki lembah dan puncak, atau Anda yang suka dengan forex , saham, crypto semua itu adalah gelombang yang memiliki lembah dan puncak.

Apa hubungannya dengan kesempatan datang berkali kali ?

Ini adalah harapan semua orang dan memang itulah yang terjadi seperti beberapa contoh di atas dimana semua terjadi berulang. Dan jika Anda bisa membaca polanya maka Anda akan mendapatkan bahwa peluang itu terjadi berulang seperti contoh pedagang di pasar tradisional yang sangat cerdas membaca peluang. Ketika ada momen hari raya itu adalah peluang yang mereka tunggu-tunggu, yang bisnis emas, ketika harga emas turun itu peluang mereka membeli dan ketika harga naik mereka jual.

Jadi kesimpulannya, peluang atau kesempatan itu terjadi berulang kali dan yang terpenting Anda bisa membaca peluang itu dan ingat untuk bisa membaca peluang maka Anda harus belajar dan belajar.

Satu teknik agar Anda tidak terjebak , dengan kesempatan / peluang yaitu :

Ketika ada kesempatan / peluang hadir di depan Anda yang perlu Anda lakukan yaitu :

Tanya dalam diri : Jika Anda ambil kesempatan itu , UNTUNGnya apa ? RUGInya apa ? Jika untung lebih banyak dan itu penting untuk Anda maka lakukan dan jika sebaliknya ruginya lebih banyak maka tnggalkan. Dan semuanya Kembali ke diri Anda sendiri dan bukan karena tulisan ini.

Semoga bermanaat dan mohon maaf jika ada yang tidak berkenan dan jika ada yang akan diskusi tentang hal ini silahkan tulis di kolom komentar.    

Penulis : I Nengah Yasdwipura (Guru Multimeda)

Sumber : https://lombokhealingfoundation.com/2021/12/01/kesempatan-sekali-vs-kesempatan-berkali-kali