J U A R A

Sejak kedatangan Kepala Sekolah baru di SMKN 3 Mataram, ada kosa kata baru yang sering kita dengar yaitu kata “ JUARA” yang merupakan akronim dari Jujur, Unggul, Asri, Religius dan Aman. visikah? – bukan, karena dalam dokumen administratif SMKN 3 Mataram tetap mencantumkan visi yang lama yakni; Imtaq, Iptek, Mandiri dan Kompetitif. Mungkin karena kealfaan penulis belum mendapatkan paparan informasi.

Akronim JUARA tersebut adalah Tagline mungkin untuk rebranding Sekolah (maaf ini pemikiran penulis…he he). Lalu maknanya ? yuk…! kita coba berselancar tentang Diksi dan Makna akronim Juara tersebut.

Juara Sebagai sebuah Kata

Kata Juara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti; 1). orang (regu) yang mendapat kemenangan dalam pertandingan yang terakhir; 2). orang yang gagah berani; orang yang pandai bersilat; pendekar; jagoan; 3). pengatur dan pelerai dalam persabungan ayam;  4). ahli; terpandai dalam sesuatu (pelajaran dan sebagainya). Dari arti leksikal kata juara merujuk kepada kualitas – sifat sesuatu yang lebih dari hal/benda yang lainnya.

Juara juga dapat diartikan seseorang yang dapat menggunakan mentalnya dalam keadaan di bawah dan dapat mengubah posisinya menjadi di atas. Seorang juara harus bisa mempertahankan apa yang telah ia dapatkan dan membuatnya menjadi lebih baik lagi. Tidak ada kata putus asa di dalam diri sang juara. Walaupun ia pernah merasakan berada di posisi atas dan tiba-tiba jatuh karena kesalahannya sendiri ia dapat kembali bangkit dengan mental bajanya yang membuat ia kembali lagi menjadi seorang juara sehingga tidak ada kata “Putus Semangat” dalam dirinya. Selalu rendah hati dan tidak menyombongkan diri adalah sifat-sifat sang juara sejati (http://officialkhaniffp.blogspot.com/2012/03/apa-arti-juara-yang sesungguhnya.html).

Lalu tujuan SMKN 3 Mataram menyematkan tagline Smekti Juara? Tentunya sebagai sebuah lembaga diharapkan terbangun karakter menjadi yang terbaik dari lembaga/sekolah lainnya. Dalam diri semua steakholdernya harus terbentuk sebuah kesadaran untuk berbuat yang terbaik ; 1).Pimpinan manajemen dan tenaga kependidikannya dengan penuh kesadaran melayani terselenggaranya proses belajar/mengajar yang berkualitas, 2). tenaga pendidiknya menjadi tenaga profesional bermental juara sebagai ujung tombak proses pembelajaran dan 3). Anak didiknya sebagai muara akhir (Subyek belajar) menjadi pembelajar yang berprestasi dengan semua potensi yang dimilikinya.

Kita beranjak ke-penjabaran akronim Kata Juara yang tentu tidak sekedar cocokologi word – by word, pastinya punya maksud dan tujuan sebagai derivasi dari diksinya.

Mungkin gambar 1 orang dan teks yang menyatakan 'PENU UPAN DAN PENGANUGERAHAN LKS JENJANG SMK DAN DIKSUS TAHUN 2021 MEDALI PERUNGGU LKS SMK TAHUN 2021 LKSSMK TINOKA 29 Peraih Medali Perunggu Bidang Lomba Teknologi Desain Grafis (Graphc Design Technology) MUHAMMAD REZKY SULIHIN SMKN 3 MATARAM, Nusa Tenggara Barat LIVE ×'
Rezky Solihin juara 3 LKS Nasional tahun 2021

Jujur

Sikap jujur tidak hanya diajarkan dalam kitab – kitab Agama orang-orang yang tidak bertuhanpun yakin dalam pergaulan sosial, kejujuran (integrity) adalah yang paling dibutuhkan – sudah menjadi semacam “world consciousness”. Dalam buku-buku pelajaran Jujur secara definitif artinya kesesuaian antara ucapan dan perbuatan yang tidak dicampuri kedustaan. Orang yang mempunyai sifat jujur akan mendapat : 1).Mendapat kepercayaan dan simpati dari orang lain; 2).Hidupnya akan tenang; 3).Disenangi orang lain; 4).Mendapatkan cinta kasih dan keridhoan Tuhan Yang Maha Esa; 5).Mendapatkan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa dalam amal perbuatannya; 6).Diampuni dosa-dosanya; dan 7).  Mendapat tempat mulia, baik di dunia maupun di akhirat.

Nah, bagaimana semua warga SMKN 3 Mataram? Sebagai Pimpinan/manajemen dan Tenaga Pendidik serta semua Steakholder didalamnya Sebagai pribadi diharapkan menjadi – rule model dalam menanamkan sifat jujur tersebut sehingga proses pedidikan karakter jujur kepada peserta didik bisa berhasil.

Unggul

Arti unggul secara leksikal adalah: 1).lebih tinggi (pandai, baik, cakap, kuat, awet, dan sebagainya) dari pada yang lain-lain; utama (terbaik, terutama); 2) .menang.

Jadi unggul merujuk kepada sifat yang bermakna lebih atau utama. Dari akronim unggul SMKN 3 Mataram diharapkan menjadi Sekolah yang lebih baik dari sekolah lainnya sehingga lebih dipercaya oleh masyarakat.

Asri

Kata asri merupakan kata sifat yang merujuk kepada benda yang bermakna tertata, rapi dan indah dipandang mata. Jadi asri ini lebih merujuk kepada bagaiman menata lingkungan fisik sekolah menjadi lingkungan yang indah dan sedap dipandang mata sehingga kondusif untuk penyelenggaran proses belajar/mengajar.

Kondusifitas belajar sangat ditentukan oleh salah satunya lingkungan/ruang yang tertata dengan baik, indah, aman dan nyaman.

Religius

Sebagai lembaga Pemerintah penyelenggara Pendidikan tentu berkewajiban mensukseskan Tujuan Pendidikan Nasional yakni : “mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Jadi sikap religius (beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa) harus menjadi fokus utama untuk di tanamkan kepada peserta didik.

Aman

Aman artinya ; bebas dari bahaya; aman dari gangguan; terlindung; tidak mengandung resiko. kata aman merujuk kepada lingkungan sekolah. Jadi dengan akronim terakhir yakni “Aman” SMKN 3 Mataram harus menjadi lingkungan yang aman untuk belajar, dapat melindungi semua aktivitas didalamnya dari segala resiko yang membahayakan.

Bagaimana Bapak/Ibu/ warga SMKN 3 Mataram ?, setujukah ?…my be Yes – my be No… he he. Salam SMEKTI JUARA !!!

Penulis : Ahmad Gazi Paedullah (Guru DPIB SMKN 3 Mataram)