SEJARAH SINGKAT

SEJARAH SMK NEGERI 3 MATARAM

 

Sejarah Singkat SMK 3 Mataram

Sekolah ini semula didirikan pada tahun 1962 atas prakarsa guru-guru STN I dan STN II (Sekolah Tehnik Negeri) , bersama-sama tenaga dari Dinas PU (Pekerjaan Umum) Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Pimpinan pertama STM ini adalah Bapak EFENDI BRE dan diberi nama STM Lembaga. Kemudian sesuai dengan semangat pada saat itu, STM Lembaga ini mulai tahun 1963 sempai 1964, bernama STM Takari (Tahun Kemenangan Republik Indonesia) dengan Kepala Sekolah Bapak MASNUN.

Perjuangan demi perjuangan sesuai dengan tuntutan zaman dan semakin banyaknya tamatam STN I dan STN II timbul perkembangan baru dengan inisiatif Persatuan Orang Tua Murid dan Guru-Guru (POMG), STM TAKARI ini tidak lama dipegang oleh Bapak Ir. MASNUN, kemudian diserahterimakan kepada Bapak Ir. RAMBE sampai tahun 1969 yang pada saat itu juga menjabat Kepala Kantor Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTB. Karena kesehatan yang tidak mengijinkan untuk memimpin STM TAKARI, maka Jabatan Kepala Sekolah diserahkan kepada Bapak I WAYAN KERTHIN dari STM NEGERI DENPASAR, yang kemudian status STM TAKARI berubah menjadi STM MATARAM FILIAL DENPASAR. Jurusan yang ada pada saat itu adalah MESIN UMUM DAN BANGUNAN. Tetapi karena STM Negeri Denpasar sendiri kekurangan guru, maka pada awal tahun ajaran 1970, pimpinan STM Mataram Filial Denpasar diserahkan kepada Bapak I MADE KOEPI, yang waktu itu menjabat Kepala Inspeksi Daerah Pendidikan Teknik (IDPT) Perwakilan Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi NTB, yang juga menjabat kepala sekolah STN I dan STN II, serta STM Mataram Filial Denpasar. Kedudukan pusat STM Mataram Filial Denpasar bertempat di STN I dan STN II Mataram Jl. Pejanggik.

Untuk praktek Jurusan Bangunan Gedung di Jl. Lemuru Baru (sekarang Jln. Pendidikan), sedangkan untuk Jurusan Mesin Umum tetap di Jln. Pejanggik.

Setelah menamatkan dua kali masa belajar, STM Mataram Filial Denpasar yang pertama 10 orang, dan yang keduia 20 orang, maka dengan Surat Keputusan Menteri Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0243/1970 tanggal 28 Desember 1970 STM Mataram status Filial berubah menjadi STM NEGERI MATARAM penuh yang berkedudukan di Jl. Pejanggik dan Kepala Sekolah masih dipegang oleh Bapak I MADE KOEPI.

Penyelenggaraan ujian dilaksanakan sepenuhnya di Mataram, baik praktek, teori maupun meluluskan ujian pertama kali sampai dengan meluluskan siswa mulai tahun 1971 di Mataram. Karena Bapak I Made Koepi pensiun tahun 1971, Kepala Sekolah STM Negeri Mataram mulai tahun 1972 diserahkan kepada Bapak JANUAR ARDANA PUTRA, BSc.

Semua kegiatan dipindahkan dari Jln. Pejanggik ke Jln. Pendidikan, dengan Jurusan yang tetap yaitu MESIN UMUM dan BANGUNAN GEDUNG. Mulai tahu 1975, STM Negeri Mataram mendapat giliran memperoleh biaya pengembangan pendidikan dari program pembangunan lima tahun (Pelita), maka semua perlengkapan, alat dan bahan untuk praktek siswa sedikit demi sedikit dilengkapi.

Pada bulan Desember 1975, Bapak JANUAR ARDANA PUTRA menerima tugas baru dari Jakarta untuk memimpin sekolah-sekolah Indonesia yang ada di India, maka tugas kepala Sekolah dialihkan kepada Bapak MUKHTARUDDIN HADI, BSc. Sedangkan Jurusan yang ada yang semula Mesin Umum berubah menjadi MESIN PRODUKSI sedangkan untuk Jurusan Bangunan tetap, ditambah satu jurusan yaitu Jurusan LISTRIK. Sejak tahun ajaran 1976 sampai 1977, selama perkembangan STM NEGERI MATARAM sempat mencatat kegiatan olah raga yang menonjol terutama bidang sepak bola, volleyball dan kesenian. Sehingga menjadi pusat perhatian sekolah-sekolah menengah ke atas sekota Mataram.

Tahun 1982, karena tugas kemudian bapak MUKHTARUDDIN HADI, BSc, dipindahkan ke staf di DIKMENJUR KANWIL DEPDIKBUD Provinsi NTB. Tugas Kepala Sekolah sementara dipegang Bapak R.SUBADO HS. Selama dipegang Bapak R.SUBADO HS, kemudian di tambah satu Jurusan lagi yaitu JURUSAN OTOMOTIF TAHUN 1982, dan pada tahun 1985 dibukalah Jurusan Elektronika Komunikasi, sehingga lengkaplah Jurusan menjadi 5 (lima) Jurusan atau dinamakan 5 (lima) Rumpun. Dan dalam setiap Rumpun dibagi lagi menjadi beberapa program studi yaitu :

  1. RUMPUN BANGUNAN

terdiri dari program studi :

  1. Teknik Bangunan
  2. Bangunan Air
  3. Gambar Bangunan

 

  1. RUMPUN TPL
  2. RUMPUN LISTRIK
  3. RUMPUN OTOMOTIF
  4. RUMPUN ELEKTRONIKA

 

Kemudian karena pejabat semantara yaitu Bapak R. SUBADHO, HS tidak lama, maka pada bulan Nopember 1986, kepala sekolah STM NEGERI MATARAM diserahkan kepada Bapak Drs. SOEHARDI, BE, yang sebelumnya bertugas di BLPT Surabaya hingga tahun 1994.

Dalam Era kepemimpinan Bapak Drs. Soehardi, BE, STM mulai bangkit dengan citra baru yang lebih mengedepankan Disiplin dalam segala aspek. Disamping itu juga mulai dikembangkan Program kemandirian Sekolah yaitu melalui Program Pengembangan Sekolah Seutuhnya (PSS) dan UNIT PRODUKSI STM MATARAM yang dimulai pada tahun 1990.

Pada tanggal 30 Maret 1994 Jabatan Kepala STM Negeri Mataram diserahkan kepada Bapak Fadoli, BA, yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di STM Negeri Mataram. Pada Era Kepemimpinan Bapak Fadoli, BA, dikembangkan suatu Program Keterkaitan dan Kesepadanan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri atau yang lazim disebut dengan istilah LINK AND MATCH yang ditandai dengan penandatangan Naskah Kerjasama dengan PT. Newmont Nusa Tenggara pada tanggal 11 September 1997 yang langsung disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Bapak Prof. Dr. Eng. Wardiman Joyonegoro yang masa menjabat Mendibud hingga 4 (empat) kali mengunjungi STM Negeri Mataram. Disamping itu juga pada masa kepemimpinan Bapak Fadoli, BA, STM NEGERI MATARAM berubah nama menjadiSMK NEGERI 3 MATARAM yang merupakan program dari Direktorat dalam rangka untuk mereposisi Sekolah Kejuruan (sekolah terpadu).

Pada Tanggal 19 Juli 2001 Kepala SMK Negeri 3 Mataram diserahterimakan kepada Drs. Sukran yang sebelumnya menjabat Ketua UNIT PRODUKSI SMK Negeri 3 Mataram hingga tanggal 29 Januari 2005

Pada Era Kepemimpinan Bapak Drs. Sukran banyak program yang di kembangkan sejalan dengan dengan Program Pengembangan SMK secara Nasional diantaranya adalah :

  1. Program Jaringan Informasi Sekolah (JIS) yaitu suatu wadah untuk mengumpulkan praktisi Informasi Teknolgi yang ada di NTB khususnya Kota Mataram.
  2. Program Community College (CC) yaitu Program untuk siswa tamatan SMA yang tidak mampu melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan dibekalai keterampilan selama 1 tahun dengan harapan mereka mampu mandiri.
  3. Program Wide Area Network (Wan Kota) Mataram. Yaitu suatu program untuk menkoneksikan semua sekolah yang ada di Kota Mataram termasuk Dinas Pendidikan Kota Mataram dan Kantor Wali Kota Mataram dengan Base Terminal Server (BTS) ada di SMK Negeri 3 Mataram.
  4. Program Information Communication and Teknology (ICT) Center Mataram. Yaitu tempat dilatihnya guru-guru sekota Mataram bahkan se NTB agar guru-guru yang ada di Pusat dengan Daerah sama kemapuan dan pengetahuannya tentang IT.
  5. Koordinator School Mapping. Yaitu sebagai tempat pemetaan Sekolah-sekolah yang ada di NTB.
  6. Sekolah Standard Nasional khusunya Program Keahlian Mekanik Otomotif.
  7. Sekolah berpotensi menjadi Sekolah Standar Internasional khususnya Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
  8. Program Sekolah SMK Besar. Yaitu untuk menyatukan dua Sekolah yang berdekatan digabung menjadi satu Sekolah, atau mengembangkan / membuka Program Keahlian baru serta menambah rombongan belajar minimal 2 Rombel per tahunya.

 

Pada masa kepemimpinan Drs. Sukran juga diterapkan Kurikulum 2004 yang berbasis pada Production Base Training (PBT) dan Competency Base Training (CBT) sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha dan Dunia Industri selaku pemakai dan pemasaran Tamatan dari SMK.

Berkaitan dengan perubahan Kurikulum maka SMK Negeri 3 Mataram menyesuaikan Program Keahlian yang di buka sesuai dengan tuntutan Kurikum.

Sejalan dengan perubahan kurikulum tersebut maka perubahan nama jurusan / bidang keahlian pun mengikutu perubahan yang disesuiakan dengan kebutuhan Kurikulum 2004 diantaranya adalah :

 

BIDANG KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN

Memiliki Program Keahlian :Teknik Survey Pemetaan, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Bangunan,Teknik Perkayuan.

 

BIDANG KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRO

Memiliki Program Keahlian : Teknik Listrik Instalasi, Teknik Listrik Pemakaian, Teknik Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Audio Video

 

BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MESIN

Memiliki Program Keahlian : Teknik Mesin Perkakas, Teknik Las, Teknik Mekanik Otomotif

 

BIDANG KEAHLIAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Memiliki Program Keahlian : Teknik Multimedia, Teknik Komputer Jaringan

 

Pada tanggal 29 Januari 2005 karena kepindahan tugas Bapak Drs. Sukran ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dinas Dikpora) maka Jabatan Kepala SMK Negeri 3 Mataram diserahkan kepada Bapak Faesal, S.Sos yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala sekolah Bidang Sarana Prasarana SMK Negeri 3 Mataram.

Pada masa kepemimpinannya saat ini, selain memantapkan dan meningkatakan program yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya, maka mulai dikembangkan Progran TELEVISI EDUKASI yaitu suatu program pembelajaran melalui Televisi yang semua siswa bisa mengikuti dan mengulangi kembali pelajarannya melalui siaran televisi di rumah siswa masing-masing disamping juga ada siaran langsung pembelajarannya dan bisa interaktif dengan Nara Sumber yang berada di Studio yang berada di SMK Negeri 3 Mataram. Televisi ini mulai ON AIR sejak Bulan Mei 2006 pada Frekuensi 183.8 MHz. Atau Channel 8.

Disamping itu juga pada era kepemimpinan Bapak Faesal, S.Sos telah mulai dijajaki kemungkinan kerjasama Sekolah Kembar (Twin School) dengan salah satu Sekolah di Negeri Belanda (Da Vinci College).

Sekarang dpimpin oleh Bapak Umar,S.Sos.MM yang sebelumnya menjabat kepala sekolah SMKN 8 Mataram. Sebenarnya bapak Umar,S.Sos,MM adalah dulunya guru SMKN 3 Mataram.dan pernah menjabat wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana.