DETAIL BERITA

UNBK SMKN 3 Mataram Berjalan Sukses

UNBK SMKN 3 Mataram Berjalan Sukses


Tahun pelajaran 2016/2017 SMK Negeri 3 Mataram melaksakan Ujian Nasioanl Berbasis Komputer (UNBK) yang untuk tingkat SMK dilaksanaka secara nasional dari tanggal 3 – 6 April 2016. Dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi 3 sesi dan menggunakan 7 Lab Komputer yang ada dengan jumlah peserta ujian 674 siswa.

Tahun 2017 ini SMK Negeri 3 Mataram melaksanakan UNBK untuk yang kedua kalinya setelah sempat gagal melaksanakan tahun 2015 walaupun sudah diverifikasi oleh tim dari Direktorak Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Secara teknis kegiatan UNBK berjalan dengan lancar dari hari pertama sampai hari ke-4 walau sempat mati listrik pada hari ke 3 tanggal 6 April 2014 pada sesi II dan pelaksanaan ujian dapat dilanjutkan  kembali setelah listrik menyala kembali dalam hitungan menit sejak mati listrik.

Pada hari terakhir, 6 April 2017 dengan mata ujian Teori Kejuruan ada kendala pada system yaitu ada beberapa siswa jurusan Teknik Audio Video (TAV) soal tidak muncul, tapi ada juga yang muncul sebagian.  Masalah ini bukan masalah teknis yang terjadi di SMK Negeri 3 Mataram tapi masalah system secara nasional. Bagi siswa yang mengalami hal tersebut akan mengikuti ujian susulan yang akan dilaksanakan tanggal 18-19 April 2017.

Selama kegiatan UNBK setiap hari Tim pemantau selalu hadir, namun tidak diperkenankan untuk memasuki ruangan Ujian karena secara aturan selain, proktor, teknisi dan pengawas dilarang memasuki ruang ujian dan hal tersebut di patuhi oleh semua tim pemantau yang datang. Tim pemantau yang datang adalah dari  Irjen Dekdikbud, Staf Kemdikbud, Ketua Ombudsmen Perwakilan NTB, Kadis Dikbud Prov NTB, Pengawas Pendidikan, Kepolisian dan para wartawan baik media elektronik maupun cetak.

Dengan demikian secara umum kegiata UNBK di SMK Negeri 3 Mataram berjalan dengan lancar berkat kerja sama yang semua pihak. Selamat kepada SMK Negeri 3 Mataram yang telah sukses melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun 2017 dan semoga semua kegiatan yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Mataram selalu berjalan dengan baik. (@yas)