DETAIL ARTIKEL

Kekuatan Air Degan (Kelapa Muda)

Kekuatan Air Degan (Kelapa Muda)


Kebanyakan orang, lebih percaya sesuatu kalau sudah ada orang yang mengalaminya. Bahkan sesuatu yang sudah jelas secara ilmiah pun terkadang jadi luput dari ingatan kita karena belum sepenuhnya kita percayai atau alami sendiri. Contohnya tentang khasiat air degan ini. Sampai kini, karena sudah SANGAT merasakan khasiatnya, keluarga kami sangat rajin – karena akhirnya memang jadi sangat suka – meminum air kelapa muda.

Penyebabnya adalah kejadian waktu saya terkena maag akut saat hamil Thoriq tahun 2010. Obat maag oral sudah tak mempan. Melilitnya luar biasa. Bisa dibilang ini adalah serangan maag tersakit yang pernah saya rasakan, apalagi waktu itu sedang hamil. Hari pertama, saya dibawa ke rumah sakit bersalin sekitar pukul 10 pagi setelah merasakan kesakitan luar biasa setelah santap sahur. Setelah dikonsultasikan ke DSOG, saya diberi obat pereda maag lewat suntikan. Dan reda dari sakitpun menerpa. Alhamdulillah.

Tapi rasa sakit itu ternyata tetap muncul setelah pengaruh obat menghilang. Makin sakit dan makin sakit. Keesokan harinya bertambah parah. Saya  sudah sangat kesulitan bangun ataupun bergerak. Rasanya tidak bisa diungkapkan dengan sebuah kalimat penjelasan. Sambil itu suami mencari-cari informasi di internet berkenaan dengan serangan maag sebelum akhirnya pamit untuk membeli degan.

Sampai rumah, melihat keadaan saya, akhirnya suami memutuskan memanggil ambulan. Sambil itu suami memberikan saya minuman air kelapa muda (hanya airnya saja, tanpa kelapanya) segelas. Waktu hendak bangun memakai jilbab, bisa dibilang saya hampir menjerit karena sakit yang sangat di bagian perut. Susah payah saya memakai baju dan jilbab dibantu suami.

Ketika akhirnya semua sudah siap….lama-lama ternyata saya mulai merasakan sakit di perut saya mereda dan menghilang. Alhamdulillah! Rasanya luar biasa sekali. Dari merasa sakit luar biasa sampai hilang sama sekali dalam waktu yang sebentar (seakan-akan terkena suntikan obat untuk kedua kalinya).

MasyaAllah, segala puji bagi Allah yang menciptakan kelapa dengan berbagai fungsinya. Dan sejak itu, kami pun menjadi pecinta air kelapa muda (degan). Biasanya kami juga meminumnya tanpa tambahan gula ataupun pemanis lainnya. Hal ini untuk menjaga kemurnian dari fungsi air kelapa tersebut. Sebenarnya, cara meminum yang paling baik adalah sesaat setelah buahnya dibuka dan diminum langsung dari batok kelapanya dan dengan tanpa mengeruk daging kelapa tersebut.  Hal ini untuk menjaga kualitas kandungan dari air kelapa itu sendiri, karena saat air sudah terbuka apalagi terlepas kontak dari kulit kelapa, maka sudah ada kandungan zat-zat bermanfaat yang berubah atau hilang.

Karena hampir setahun merasakan minum air kelapa yang dibawa pulang dan dibungkus, saat suatu kali saya meminum langsung dari batok kelapa, terasa sekali perbedaannya. Ada sensasi soda yang menusuk lidah saat meminumnya.

Berikut ini saya kutipkan manfaat lain dari air kelapa.

— Mulai Kutipan —

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebaiknya mulai saat ini Anda harus lupakan dulu minuman bersoda, kafein, jus buah atau sport drink. Kini saatnya mengenal khasiat air kelapa. Bukan hanya mengandung mineral, air kelapa juga kaya akan nutrisi, bahkan di daerah terpencil air kelapa bisa digunakan sebagai pengganti cairan infus.

Air kelapa merupakan cairan paling murni kedua setelah air. Air kelapa hanya mengandung sedikit karbohidrat dan 99 persen bebas lemak serta rendah gula. Kandungan gula yang terdapat dalam air kelapa bersifat alami dan tidak diproses seperti minuman lain yang diberi tambahan gula.

Dibandingkan dengan sport drink, air kelapa hanya mengandung sedikit sodium, tetapi memiliki lebih banyak potasium. Air kelapa tidak hanya berisi air, tetapi juga mengandung nutrisi. Dalam 30 ml air kelapa terkandung 61 mg potasium, 5,45 mg sodium, dan 1,3 mg gula. Kandungan lainnya adalah magnesium, kalsium, vitamin B dan C, zinc, selenium, iodine, serta sulfur.

Tak heran jika air kelapa mengandung beragam manfaat kesehatan sebagai berikut:
1. Membuat tubuh hidrasi
Salah satu manfaat kesehatan air kelapa adalah kemampuannya menghidrasi tubuh. Air kelapa mengandung semua elektrolit yang dibutuhkan tubuh seperti sodium, potasium, klorida, kalsium, dan magnesium. Elektrolit ini bersama air minum memegang peran penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi terutama selama dan setelah kegiatan olahraga yang menguras keringat.

2. Membantu menurunkan berat badan
Air kelapa terkenal akan kandungan kalorinya yang rendah. Karena itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan, gantilah kebiasaan mengonsumsi minuman berkalori tinggi seperti soda, kafein, atau jus buah dengan air kelapa.

3. Meningkatkan sistem imun
Air kelapa ternyata juga mengandung asam lauric yang juga ditemukan pada ASI. Fungsi asam ini adalah antimikroba, antibakteri, serta antijamur. Air kelapa yang diminum secara teratur sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai virus dan penyakit.

4. Meningkatkan sirkulasi
Air kelapa membantu membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel darah dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, air kelapa juga bisa membantu membersihkan saluran pencernaan.

5. Menghilangkan mual
Penderita demam tifoid, malaria, atau penyakit lain yang menimbulkan rasa mual bisa mencoba mengonsumsi air kelapa untuk mengurangi rasa mual.

6. Mengobati pasien kolera
Air kelapa mengandung albumen alami sehingga cocok menjadi minuman darurat pada pasien yang terinfeksi kolera.

7. Baik untuk pencernaan
Komponen air kelapa mengandung berbagai enzim bioaktif yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan metabolisme. Konsumsi air kelapa secara teratur efektif untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut.

8. Menjaga keseimbangan elektrolit
Air kelapa merupakan sumber potasium yang baik. Dalam satu sajian air kelapa terkandung 220 mg potasium. Elektrolit ini dibutuhkan tubuh setiap hari untuk menjaga fungsi kontraksi jantung.

9. Mengatasi infeksi saluran kencing
Air kelapa sangat disarankan untuk mereka yang menderita batu ginjal dan saluran kemih. Minum air kelapa secara teratur disebutkan membantu memecah batu ginjal sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

10. Menjaga kesehatan kulit
Air kelapa bekerja seperti halnya pelembab ringan dan juga mengurangi kelebihan minyak di kulit. Manfaat lainnya adalah melembutkan kulit bertipe kombinasi. Anda bisa menggunakan air kelapa untuk mandi atau memilih lotion kulit yang terbuat dari kelapa. Air kelapa juga bisa dipakai untuk membasuh wajah setelah mengenakan masker, terutama untuk mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. (Sumber:Yahoo)

—Akhir Kutipan —

Luar biasa bukan? MasyaAllah. Jadi, kalau ada di antara anggota keluarga yang sedang sakit (apalagi yang berkaitan dengan perut) cobalah obati dengan air degan dan rasakan khasiatnya insyaAllah.  Share pengalaman kami sendiri, beberapa momen kami menggunakan khasiat air kelapa muda ini adalah:

  • Saat Thoriq muntah-muntah karena salah makan buah yang sepertinya ada bagian yang sudah sedikit membusuk atau kotor.
  • Saat pulang bepergian yang melelahkan (untuk hidrasi).
  • Dll

Met minum air degan ya bu ibu.

 

Tags: air deganair kelapaair kelapa mengandungair kelapa merupakanair kelapa mudadeganfungsifungsi air kelapahamil,kekuatan airkelapakelapa mudakhasiat air degankhasiat air kelapakhasiat air kelapa mudaobat pereda maagummi.com,ummiummiummiummi.com

Penulis:

Ummu Ziyad Siska, lebih dikenal dengan nama Cizkah. Saat ini sibuk mengurus para bujang: Ziyad dan Thoriq, serta bekerja di rumah (WAHM) sebagai seorang desainer grafis dan web.